biaya-sekolah-sd

Ini Perkiraan Biaya Sekolah Dasar Swasta di Jakarta

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh Tim Tentang Anak

Bagi para orang tua, merencanakan pendidikan anak sejak dini sangatlah diperlukan. Pendidikan adalah hal yang wajib didapatkan setiap anak, terlebih lagi dengan adanya program wajib belajar 12 tahun yang dicanangkan pemerintah. Setidaknya, seorang anak perlu memulai pendidikannya dari tingkat sekolah dasar (SD).

Selain memperhatikan jenis sekolah SD yang cocok untuk anak, orang tua juga harus menyiapkan perkiraan biaya unutk sekolah SD sang buah hati. Ditambah lagi, inflasi di Indonesia membuat biaya sekolah SD terus meningkat hingga 15% setiap tahunnya. Maka dari itu, mencicil biaya pendidikan anak sejak awal menikah dapat meringankan beban orang tua di masa depan.

Orang tua tentunya menginginkan yang terbaik bagi anaknya. Salah satu jenis sekolah SD yang menjadi pilihan orang tua adalah SD swasta. Berbeda dengan SD negeri yang dibiayai oleh pemerintah, SD swasta mematok biaya yang lebih mahal karena diurus oleh perseorangan atau yayasan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi aspek fasilitas, kualitas pengajaran, dan kegiatan sekolah lainnya yang akan didapatkan anak.

Bagi Bunda yang tinggal di Jakarta dan ingin menyekolahkan sang buah hati di sekolah swasta, simak perkiraan rincian biaya sekolah SD swasta di Jakarta berikut ini!

Rincian Biaya Sekolah Dasar Swasta di Jakarta

Biasanya, biaya yang perlu dikeluarkan untuk sekolah SD swasta dapat mencakup uang pangkal, SPP, hingga uang perlengkapan sekolah. Simak penjelasan biaya yang harus Bunda bayarkan di bawah ini!

1. Uang Pangkal

Uang pangkal adalah salah satu biaya yang wajib dibayarkan saat awal sekolah. Dikenal juga dengan nama sumbangan pengembangan, uang gedung, atau uang pembangunan, uang pangkal hanya dibayarkan sekali saat anak akan melakukan pendaftaran ulang. Seringkali biaya pendaftaran masuk sekolah juga termasuk ke dalam uang pangkal. Rata-rata biaya uang pangkal untuk SD swasta di Jakarta dapat menyentuh jutaan rupiah tergantung dari kualitas sekolah tersebut. 

2. SPP 

Berbeda dengan uang pangkal, SPP adalah iuran rutin sekolah yang dibayarkan setiap bulannya. Namun, ada juga sekolah yang menerapkan pembayaran SPP per tiga bulan atau setiap tahun. SPP menjadi biaya yang wajib dibayarkan oleh siswa yang aktif belajar di sekolah tersebut.

3. Uang Perlengkapan

Seperti namanya, uang perlengkapan merujuk pada biaya yang perlu dikeluarkan untuk memfasilitas perlengkapan anak selama bersekolah. Uang perlengkapan dapat meliputi biaya untuk buku, seragam, tas, dan perlengkapan lainnya. 

Biaya ini juga dapat meliputi biaya kegiatan penunjang sekolah, meskipun ada juga sekolah yang memisahkan biaya untuk kegiatan tersebut. Besar biaya perlengkapan cenderung bervariasi, tergantung dari banyaknya perlengkapan yang dikenakan oleh sekolah kepada siswa.

Contoh Perkiraan Biaya Sekolah Dasar Swasta di Jakarta

Sebagai gambaran perkiraan biaya sekolah SD swasta di Jakarta, di bawah ini adalah contoh rincian biaya dari beberapa SD swasta di Jakarta. Daftar sekolah berikut ini terbagi menjadi sekolah dengan Kurikulum 2013, Kurikulum Cambridge, dan Kurikulum International Baccalaureate (IB).

1. Sekolah Kembang

Sekolah Kembang adalah sekolah SD swasta yang berlokasi di Kemang. Mengambil Kurikulum 2013, Sekolah Kembang mengajak anak belajar melalui proyek-proyek ilmiah dan praktikal yang unik dan kreatif. 

Pertama kali dibangun tahun 1974, Sekolah Kembang percaya bahwa anak adalah pusat pembelajaran yang harus didukung untuk mendapatkan pendidikan terbaik sesuai karakteristik dan kebutuhan anak. Adapun kisaran biaya sekolah SD Kembang adalah:

  • Uang Pendaftaran: Rp10.000.000
  • Uang Pangkal: Rp52.000.000
  • Uang Kegiatan: Rp3.250.000
  • Uang Sekolah (SPP) Bulanan: Rp3.800.000
  • Uang Sekolah (SPP) Tahunan: Rp46.200.000/tahun

2. Sekolah TKAI

Sekolah Taman Kreativitas Anak Indonesia (TKAI) adalah sekolah TK–SD yang berlokasi di Jagakarsa. Sekolah TKAI menggunakan Kurikulum 2013. Seperti namanya, Sekolah TKAI mengusung pembelajaran kreatif dan mandiri untuk membantu anak menghadapi lingkungan di sekitarnya. 

Program TKAI mengacu pada konsep multiple intelligence untuk mendukung pertumbuhan anak, baik dari aspek bahasa, logika, angka, fisik, hingga pribadi bermoral. Besar biaya yang dikenakan di Sekolah TKAI adalah:

  • Uang Pangkal: Rp12.000.000
  • SPP Bulanan: Rp1.200.000
  • SPP Tahunan: Rp8.000.000

3. Sekolah Gemala Ananda

Sekolah Gemala Ananda adalah sekolah dasar yang berlokasi di Cilandak. Menganut Kurikulum 2013, Sekolah Gemala Ananda mengedepankan pembelajaran efektif dan menyenangkan untuk membantu anak terlibat aktif saat belajar. 

Tidak hanya itu, Sekolah Gemala Ananda merancang proses pembelajaran brain-based learning atau pembelajaran berdasarkan cara kerja otak. Dengan demikian, anak dapat belajar sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Rincian biaya bersekolah di Sekolah Gemala Ananda adalah:

  • Biaya Pengembangan Tahunan: Rp9.000.000/tahun
  • SPP Bulanan: Rp2.500.000
  • SPP Tahunan: Rp9.000.000

4. SD Kupu-Kupu

SD Kupu-Kupu adalah salah satu SD swasta Jakarta yang berlokasi di Mampang Prapatan. Keunikan SD Kupu-Kupu terlihat dari arsitektur bangunannya yang banyak menunjukkan motif kupu-kupu. Suasana sekolah yang asri juga turut mendukung pembelajaran anak yang aktif. SD Kupu-Kupu menggunakan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013.

Bangunan SD Kupu-Kupu dibuat seperti rumah agar anak mampu bersosialisasi di lingkungan yang mereka kenali. SD Kupu-Kupu juga dilengkapi dengan taman dan binatang peliharaan sebagai media pembelajaran sederhana bagi anak. Adapun rincian biaya SD Kupu-Kupu adalah:

  • Uang Pangkal: Rp49.700.000
  • SPP Bulanan: Rp2.400.000

5. Singapore Intercultural School

Singapore Intercultural School (SIS) adalah sekolah internasional yang menerapkan Kurikulum Cambridge. SIS memiliki cabang di beberapa daerah, dengan di Jakarta berlokasi di Lebak Bulus, Kelapa Gading, dan Pantai Indah Kapuk (PIK). Pendidikan SD di SIS berfokus pada 3 hal, yaitu life skill, knowledge skill, dan subject-based learning. Dengan fokus tersebut, SIS bertekad tidak hanya membentuk kemampuan akademik anak, tetapi juga diri anak secara keseluruhan.

Beberapa pelajaran utama di SIS adalah Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Mandarin, dan Sains. Pelajaran lainnya turut diajarkan oleh para tenaga pengajar ahli, seperti Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kesenian, Ilmu Sosial, dan sebagainya. Adapun rincian biaya bersekolah di SIS adalah:

  • Uang Pembangunan: Rp34.000.000–Rp38.000.000
  • Uang Sekolah: Rp77.000.000

6. Sekolah Bakti Mulya 400

Sekolah lainnya yang menggunakan Kurikulum Cambridge adalah Sekolah Bakti Mulya 400. Sekolah ini berlokasi di daerah Pondok Indah. Pendidikan sekolah dasar di Bakti Mulya 400 berfokus untuk menciptakan anak yang sukses sesuai dengan perintah Allah SWT, semangat nasional, serta kompetensi global yang bersaing di abad ke-21.

Untuk Bunda yang ingin menyekolahkan anak di Sekolah Bakti Mulya 400, gambaran rincian biaya untuk tingkat SD adalah:

  • Uang Pangkal: Rp40.000.000
  • SPP Bulanan: Rp2.500.000
  • SPP Tahunan: Rp7.500.000

7. SD Islam Al-Azhar

SD Islam Al-Azhar adalah salah satu sekolah Islam favorit yang diincar para orang tua. Al-Azhar tersebar di berbagai daerah, dengan beberapa cabang di Jakarta berlokasi di Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Pasar Minggu, dan Rawamangun. Al Azhar menggunakan Kurikulum Cambridge yang dicampur dengan Kurikulum Nasional. 

Sebagai sekolah Islam, Al-Azhar berniat mewujudkan anak dengan akhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, serta berkepribadian kuat. Salah satu contoh rincian biaya sekolah di SD Islam Al-Azhar adalah:

  • Uang Pangkal: Rp46.300.000
  • SPP Bulanan: Rp2.400.000
  • Biaya Kegiatan: Rp300.000/kegiatan

8. Al-Jabr Islamic School

Al-Jabr Islamic School adalah sekolah Islam bertaraf internasional dengan Kurikulum International Baccalaureat (IB). Dalam kesehariannya, Al-Jabr Islamic School menerapkan pemakaian bahasa Inggris dan bahasa Indonesia di lingkungan sekolahnya. Al-Jabr Islamic School juga menyediakan beragam ekstrakurikuler dengan fasilitas yang mumpuni. 

Contoh rincian biaya sekolah SD di Al-Jabr Islamic School adalah:

  • Uang Pangkal: Rp48.500.000
  • Academic Fee: Rp4.000.000/tahun
  • Tuition Fee: Rp3.100.000/bulan
  • Biaya Seragam: Rp650.000–Rp900.000

9. Mentari Intercultural School

Mentari Intercultural School adalah sekolah internasional di Jakarta dengan Kurikulum International Baccalaureat (IB). Berdiri sejak tahun 1994, Mentari Intercultural School mengedepankan pembelajaran yang mendukung pertumbuhan, semangat, dan kesopanan bagi para siswanya.

Selain pengajaran yang berkualitas, Mentari Intercultural School juga menyajikan berbagai kegiatan menarik untuk para siswanya. Beberapa di antaranya adalah reading week, pameran seni, United Nations Day, hingga Taking Action Project. Perkiraan rincian biaya sekolah Mentari Intercultural School adalah:

  • Uang Pangkal: Rp85.000.000
  • SPP Bulanan: Rp8.500.000
  • Uang Term (Per 3 Bulan): Rp25.500.000

10. BINUS School Simprug

Bunda mungkin pernah mendengar BINUS sebagai sebuah universitas. Faktanya, BINUS juga menyediakan sekolah untuk jenjang pendidikan SD, lho. Salah satunya adalah pendidikan SD di cabang Binus School di Simprug. 

Sebagai sekolah internasional, BINUS School Simprug turut mengajarkan Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin di mata pelajarannya. BINUS School Simprug mendorong pembelajaran dengan pemahaman konsep dan penerapan berbagai keterampilan bagi siswa. Adapun kisaran biaya sekolah SD BINUS School Simprug adalah:

  • Biaya Pendaftaran: Rp800.000
  • SPP Bulanan: Rp10.000.000–Rp30.000.000
  • Uang Tahunan: Rp155.000.000

Itu dia perkiraan rincian biaya sekolah SD swasta di Jakarta. Sekolah mana yang akan Bunda pilih? Meskipun rincian biaya di atas tergolong cukup mahal, harga tersebut sepadan dengan fasilitas dan pengalaman belajar yang akan didapatkan anak di sekolah. Jangan lupa untuk memilih sekolah dengan menyesuaikan kemampuan finansial keluarga, ya. Jadi, yuk nabung untuk pendidikan anak sejak dini!

Sumber:

Foto: Pexels.com

Ditinjau oleh:

Tim Tentang Anak

Artikel Terkait

Lihat Semua