Stimulasi Bayi Agar Berdiri dan Berjalan

hello world!
Ditinjau Oleh :
dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A
dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A

Dari merekam senyum pertama dan berguling hingga dengan bangga berbagi keterampilan bayi Bunda saat mulai bisa duduk dan merangkak. Dan salah satu puncak perkembangannya yang paling ditunggu, yaitu saat si Kecil mengambil langkah pertama yang masih belum stabil tapi terlihat manis.

Berjalan merupakan prestasi bayi yang sangat dinanti. Ini adalah tanda pasti bahwa si Kecil AyBun sudah memasuki masa balita (dan beberapa baby proofing yang serius ada dalam waktu dekat).

AyBun seringkali khawatir jika si Kecil belum bisa berdiri atau berjalan dengan lancar. Inilah pentingnya untuk merangsang atau menstimulasi si Kecil dengan membiasakannya di berbagai kegiatan, seperti duduk dengan kaki memijak ke lantai tanpa sandaran.

Stimulasi anak berdiri
Stimulasi anak berdiri

Lalu apa saja yang bisa AyBun lakukan selain itu untuk memberikan stimulasi bayi berdiri dan berjalan?

  1. Biasakan anak duduk dengan kaki memijak ke lantai dan tanpa sandaran
  2. Letakkan mainan pada posisi yang membuat anak harus berusaha untuk meraih mainan tersebut, yaitu misalnya mainan diletakkan di lantai dan posisi anak lebih tinggi. 
  3. Anak distimulasi dengan diajak bermain kuda- kudaan, bersepeda, bermain sambil berdiri dan mendorong kursi/mainan yang bisa didorong-dorong.
  4. Ciptakan sebuah tantangan jika anak sudah mulai menguasai cara berjalan di permukaan datar.
  5. Ulurkan tangan AyBun untuk memotivasi si Kecil agar berjalan ke arah AyBun saat mengulurkan tangan ke arahnya. Serta Ayah Bunda juga dapat meminta si Kecil untuk mengikuti saat AyBun masuk ke sebuah ruangan.
Bagikan Artikel
Apakah Anda menyukai artikel ini?
[wpreactions sgc_id="1"]
Aplikasi Tentang Anak
Aplikasi Parenting Terpercaya dan Terlengkap
Tentang Anak juga hadir dalam bentuk aplikasi. Yuk unduh sekarang juga!
App StoreGoogle Play Store
Tentang Anak
Hak Cipta © 2022 PT. Tentang Anak Bahagia
magnifiercrosschevron-down