Tips Mudah agar Anak Berhenti Ngedot

hello world!
Ditinjau Oleh :
dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A
dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A

Ayah Bunda biasanya menggunakan dot dan botol untuk mempermudah si Kecil dalam mengonsumsi susu. Kebiasaan pemakaian dot dan botol susu pada anak dirasa sulit dihentikan. 

Sebenarnya waktu yang baik untuk menghentikan penggunaan dot dan botol susu adalah pada usia 9 bulan. Tahukah AyBun, jika menghentikannya lebih awal maka akan lebih cepat anak tidak lagi menggunakan dot. Seperti yang dijelaskan oleh American Academy of Pediatrics (AAP), bahwa anak sudah bisa minum menggunakan cangkir atau gelas hisap sejak usia 6-9 bulan. 

American Academy of Pediatrics juga memberi saran paling lambat pada usia 18 bulan penggunaan dot atau botol susu sebaiknya dihentikan. 

Apa sih risikonya jika menggunakan dot terlalu lama?

  • Karies gigi dan/atau infeksi telinga. Ini dapat terjadi bila anak sering minum dalam posisi terlentang.
  • Obesitas. Akan berdampak saat anak merasa nyaman menghisap dari botol.
  • Gerakan Tutup Mulut. Ketika si Kecil merasa lapar dan ia merasa saat minum susu sudah cukup, sehingga tidak mau makan.

Bagaimana triknya agar anak mudah berhenti ngedot?

  1. Lakukan Pendekatan dan Sounding dari Jauh-Jauh Hari

Sebelum menghentikan penggunaan dot Bunda bisa mendekatkan diri dan mengatakan pemberitahuan kepada anak, seperti “Adik kan sudah semakin besar, 3 hari lagi minumnya pakai gelas ya..”

  1. Buang atau Singkirkan Dot di Depan Anak

Memberhentikan pemakaian dot dapat dilakukan dengan menyingkirkan botol atau dot sambil memberi pengertian, pada si Kecil, misalnya “Bye bye botol… Kakak sekarang mau belajar pakai gelas dulu yah”

  1. Ajak Anak Membeli dan Memilih Gelasnya Sendiri

Saat si Kecil hendak minum menggunakan gelas, coba sampaikanlah kepada anak misalnya “Yay, Adik punya 3 gelas, hari ini mau pakai gelas warna apa?”

anak minum pakai gelas
Anak Minum Pakai Gelas

Bila melakukan hal seperti yang disebutkan di atas, usahakan membuat proses penyesuaian dari botol ke gelas dengan cara yang menyenangkan. AyBun bisa lakukan secara bertahap bila si Kecil memang sangat ketergantungan dengan botol atau dot.

Selain itu, temukan “benda kesayangan” lain sebagai pengganti botol dan ketika melakukan penyesuaian berikan si Kecil pujian untuk meningkatkan keinginan dan semangatnya berhenti menggunakan dot atau botol susu.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak berhenti ngedot. Selamat mencoba AyBun!

Bagikan Artikel
Apakah Anda menyukai artikel ini?
[wpreactions sgc_id="1"]
Aplikasi Tentang Anak
Aplikasi Parenting Terpercaya dan Terlengkap
Tentang Anak juga hadir dalam bentuk aplikasi. Yuk unduh sekarang juga!
App StoreGoogle Play Store
Tentang Anak
Hak Cipta © 2022 PT. Tentang Anak Bahagia
magnifiercrosschevron-down