Pijat Bayi

Pijat Bayi Pakai Lotion Naikkan BB Anak? Simak Faktanya

  • Ditulis oleh Tim Tentang Anak
  • Ditinjau oleh dr. Agatha Febrina, Sp.A

Pijat bayi merupakan salah satu bentuk sentuhan kasih sayang kepada anak guna meningkatkan bonding dengan anak, selain itu pijat bayi terbukti merangsang hormon serotonin yang berperan dalam memperbaiki suasana hati.

Pijat bayi ini mampu meningkatkan kualitas tidur anak menjadi lebih baik, membuat badan menjadi lebih bugar, dan memengaruhi nafsu makan dan kenaikan BB.

Lalu bagaimana anjurannya?

Pijat bayi dapat dilakukan sedini mungkin bahkan sejak baru lahir dan sehat, dengan durasi sekitar 10-20 menit dan disesuaikan dengan kenyamanan bayi.

Untuk bayi prematur sebaiknya Bunda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mengetahui apakah sudah dapat dilakukan pijat bayi. 

Bunda dapat memilih waktu ketika bayi sadar dan nyaman untuk dipijat, tidak lelah atau lapar, dan tertarik untuk mengetahui situasi di sekitarnya.

Penggunaan lotion ternyata dianjurkan saat melakukan pijat bayi dan utamakan memilih lotion tanpa wewangian.

Meskipun ada lotion yang membuat klaim terbuat dari bahan natural ternyata belum tentu non-toxic AyBun, sehingga tetap perhatikan apakah terjadi reaksi ruam kulit setelah pemakaian.

Misalnya calming rub yang dikembangkan untuk menghangatkan tubuh si Kecil 

Jika Ayah Bunda masih ragu sebaiknya ditanyakan dulu ke dokter karena setiap anak bisa berbeda kondisi dan tipe kulit. AyBun bisa dapatkan calming rub dengan klik ini

Sebagian besar AyBun lebih sering menggunakan minyak telon saat pijat bayi. Namun, dibandingkan minyak telon, AyBun bisa memilih krim atau lotion telon. Mengapa?

  1. Minyak telon tergolong dalam bahan iritan sehingga pemakaian berlebih dapat menimbulkan ruam kulit.
  2. Telon yang berbentuk minyak biasanya memiliki pH berbeda dengan kulit. Ini yang bisa bikin kulit anak kering atau iritasi. Berbeda dengan telon bentuk cream yang pH nya bisa disesuaikan dan juga bisa melindungi kulit dari paparan langsung iritan yang ada di minyak 
  3. Pada bentuk cream, didalamnya bukan langsung hanya oil saja, biasanya ditambahkan yang punya peran untuk memperkuat skin barrier seperti fatty acids, ceramides, cholesterol, dan emollient. Jadi lebih aman untuk bayi dan anak. 

Manfaat Pijat Bayi

Manfaat pijat bayi dapat dirasakan baik oleh si kecil dan juga Bunda yang melakukan pemijatan. Pijat bayi tidak hanya berguna untuk menyehatkan tubuh bayi, tetapi juga memperdalam hubungan antara orang tua dan anak.

Pijatan sederhana pada si kecil memberikan berbagai manfaat penting lainnya, seperti:

1. Membuat Bayi Lebih Rileks

Salah satu manfaat utama dari pijat bayi adalah membuat bayi lebih rileks. Dengan memijat bayi, sistem sarafnya akan menstimulasi otak untuk memproduksi hormon serotonin. Hormon ini berperan untuk membuat bayi merasa nyaman dan tenang. 

Pijat bayi akan membantu otot bayi lebih rileks, serta detak jantung dan napas yang lebih lambat. Hasilnya, tidur si kecil akan menjadi lebih lelap.

Pijat bayi juga sekaligus menurunkan hormon kortisol yang menyebabkan stres. 

2. Meningkatkan Bonding Orang Tua dan Anak

Memijat bayi sambil melakukan kontak mata dan berbicara dengan si kecil dapat memperdalam hubungan antara orang tua dan anak.

Sentuhan dan ucapan dari Bunda akan membuat anak mengenal sentuhan-sentuhan dari orang tuanya. 

Bagi orang tua, proses memijat anak juga mampu meningkatkan rasa cinta dan kasih sayang terhadap anak.

3. Mendukung Pertumbuhan Otak

Manfaat pijat bayi yang tidak kalah penting adalah mendukung pertumbuhan motorik. Semua sentuhan dan pijatan lembut dari ujung kepala sampai ujung kaki bayi berperan dalam menstimulasi pertumbuhan sistem otak anak.

Pijatan secara rutin pada anak akan berdampak baik pada perkembangan motoriknya.

4. Melatih Kesadaran Bayi

Bayi yang baru lahir masih belum memiliki kesadaran mengenai dunia di sekitarnya.

Bayi mungkin tidak tahu jika mereka memiliki dua tangan dan dua kaki. Pijatan bayi secara rutin dapat membantu melatih kesadaran bayi. 

Bunda juga dapat membantu bayi mengenali bagian tubuhnya saat memijat bagian tubuh tersebut, seperti menyebutkan tangan milik si kecil saat memijat tangannya.

Pijatan lembut dan berirama dari Bunda juga akan meningkatkan sensitivitas anak terhadap sentuhan.

Otot bayi pun akan menjadi lebih kuat dan fleksibel. Sambil merasakan sensasi pijatan Bunda, bayi akan belajar membedakan bagian-bagian tubuhnya dari sentuhan yang diberikan.

5. Meningkatkan Kesehatan Fisik dan Mental Anak

Pemijatan rutin pada anak diyakini mampu membuat bayi usia di bawah 6 bulan untuk tidur lebih baik, jarang menangis, dan jarang mengalami stres.

Pijat bayi juga berperan dalam menstimulasi hormon melatonin, yaitu hormon penting untuk membantu pola tidur anak. Bagi bayi yang lahir dengan berat badan rendah, pijat bayi bermanfaat untuk meningkatkan berat badan menjadi lebih sehat.

Langkah Memijat Bayi di Rumah

Cara pijat bayi akan lebih optimal jika Bunda melakukannya sendiri.

Bunda bisa melakukannya cukup dari rumah dengan memakai alas kasur yang lembut dan ruangan cukup cahaya. Hal ini supaya si Kecil merasa lebih nyaman.

  1. Cek Kondisi Bayi

Sebelum melakukan pemijatan, pastikan kondisi bayi siap dan sadar dalam melakukan pemijatan. Hindari pemijatan jika bayi terlihat lapar atau bayi baru saja selesai menyusu atau makan.

Disarankan agar bayi dalam keadaan sadar dan siap menerima pijatan, yaitu dengan kondisi bayi yang tidak rewel, nampak nyaman, dan penasaran.

  1. Pastikan tangan AyBun dalam keadaan bersih dan kuku tidak tajam

Bunda juga harus menyiapkan diri sebelum memberi pijatan pada bayi. Pastikan tangan Bunda bersih dan bebas dari kuku tajam agar tidak melukai bayi.

Jangan lupa untuk menggunakan minyak pijat khusus bayi agar proses memijat menjadi lebih nyaman dan rileks bagi bayi dan juga Bunda.

  1. Buat Suasana Nyaman

Saat memijat si kecil, direkomendasikan agar bayi tidak mengenakan pakaian untuk memaksimalkan sentuhan dan proses pemijatan. Sentuhan kulit antara ibu dan anak sangatlah penting dalam pemijatan bayi.

Maka dari itu, pastikan suhu ruangan tempat memijat bayi tidak terlalu dingin agar bayi tidak kedinginan selama menjalani pemijatan.

Bunda dapat melakukan pemijatan di lantai, kasur, atau sofa, dengan bayi beralaskan kasur lembut di depan Bunda. Carilah posisi yang Bunda rasa nyaman.

Pastikan ruangan cukup terang agar bayi bisa melihat Bunda dan melakukan kontak mata dengan jelas.

  1. Mulai dari Wajah

Mulailah pemijatan bayi dengan menyentuh wajah dan kepala bayi secara lembut. Buat bayi sadar dan penasaran dengan apa yang Bunda lakukan, sehingga interaksi antara Bunda dan si kecil selama memijat dapat tercipta.

Bunda juga bisa berkomunikasi untuk memperkuat bonding antara Bunda dan anak, seperti dengan menyampaikan cerita atau hal-hal lainnya.

  1. Lanjutkan ke Bagian Lainnya

Dari wajah dan kepala, Bunda dapat lanjut memijat ke bagian lainnya, seperti:

  • Bahu, lengan, telapak tangan
  • Perut dengan gerakan memutar searah jarum jam
  • Bagian pinggul dan kaki
  • Belakang tubuh bayi
  1. Sesuaikan Pijatan dengan Usia Bayi

Tubuh bayi masih belum kuat untuk menerima pijatan yang terlalu kuat.

Jadi, Bunda perlu menyesuaikan tekanan pijatan pada bayi sesuai dengan usianya. Adapun tekanan pijatan yang bisa Bunda lakukan menurut usianya adalah sebagai berikut:

  • Usia kurang dari 1 bulan: Gerakan usapan halus, hindari pijatan di area perut sebelum tali pusat puput
  • Usia 1–3 bulan: Gerakan halus dengan tekanan ringan dalam waktu yang singkat
  • Usia lebih dari 3 bulan: Tekanan ringan dalam waktu yang lebih lama

Demikian penjelasan manfaat pijat bagi bayi dan cara melakukannya! Jadi, Bunda tidak perlu ragu lagi untuk memberikan pijatan pada sang buah hati. Apalagi dengan banyaknya manfaat pijat yang bisa dirasakan oleh bayi dan juga Bunda. 

Jika Bunda masih ragu dengan teknik pemijatan yang tepat, atau jika bayi memiliki kondisi kesehatan tertentu, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai pemijatan yang akan diberikan pada bayi.

Foto: Freepik

Sumber: 

Fauzia RL, Budihastuti UR, Adriani RB (2022). Meta-Analysis the Effect of Baby Massage in Increasing Quality of Sleep and Infant Body Weight. J Matern Child Health. 07(01): 64-74.

https://raisingchildren.net.au/newborns/health-daily-care/massage/baby-massage

https://sci-hub.ru/10.1055/s-0030-1270723

Foeniculum v. (adas) bagian dari telon sbg antinyamuk https://sci-hub.ru/10.1007/s00436-010-2018-4

https://sci-hub.ru/10.1055/s-0030-1270723

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/38496298/

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7252988/pakai-minyak-telon-untuk-cegah-dbd-benar-efektif-kemenkes-ri-bilang-gini

https://scholarhub.ui.ac.id/cgi/viewcontent.cgi?article=1030&context=jdvi

Sumber:


Ditinjau oleh:


Artikel Terkait

Lihat Semua