Anak Minum Obat Cacing, Kapan Waktu yang Tepat?

hello world!
Ditinjau Oleh :
dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A
dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A

AyBun seringkali bingung kapan waktu yang baik untuk anak minum obat cacing. Mengapa demikian? karena infeksi cacing merupakan suatu penyakit yang dapat tertular kapan saja melalui makanan. 

Jika si Kecil terkena infeksi cacing, hal ini memiliki risiko tinggi mengalami gangguan nutrisi dan tumbuh kembang serta adanya penurunan prestasi.

Gejala umum terjadinya infeksi cacing di antaranya lesu, tidak bersemangat, sering mengantuk, pucat dan kurang gizi. Untuk mencegah anak terinfeksi cacing berikanlah ia obat cacing.

World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian obat cacing untuk si Kecil sejak usia 2 tahun dan diulang setiap 6 bulan sekali. Adapun jenis obat infeksi cacing dari WHO albendazole (400 mg) atau mebendazole (500 mg) untuk anak usia 2-14 tahun. Ayah dan Bunda juga bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak masing-masing yah!

Anak Mencuci Tangan
Anak Mencuci Tangan Sebelum Makan

Selain mengonsumsi obat cacing, Ayah Bunda perlu memastikan agar anak selalu menjaga pola perilaku hidup bersih dan sehat, yaitu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, menggunting kuku seminggu sekali, serta mencuci buah dan sayur sebelum dimakan.

Ayah Bunda juga harus memerhatikan ketika si Kecil mulai memasuki usia 2 tahun, ia akan mulai sering bermain bebas (seperti di lingkungan luar rumah) dan melakukan kontak dengan tanah, itulah yang memungkinkan sumber penularan infeksi cacing. Maka sebaiknya biasakan anak menggunakan alas kaki saat bermain di luar rumah.

Bagikan Artikel
Apakah Anda menyukai artikel ini?
[wpreactions sgc_id="1"]
Aplikasi Tentang Anak
Aplikasi Parenting Terpercaya dan Terlengkap
Tentang Anak juga hadir dalam bentuk aplikasi. Yuk unduh sekarang juga!
App StoreGoogle Play Store
Tentang Anak
Hak Cipta © 2022 PT. Tentang Anak Bahagia
magnifiercrosschevron-down