Alasan New Born Tidak Wajib Memakai Sarung Tangan Bayi

hello world!
Ditinjau Oleh :
dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A
dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A

Biasanya Ayah Bunda akan mengawasi kondisi bayi yang baru lahir, sebagian besar dari AyBun memerhatikan tangan bayi yang berwarna kebiruan atau terasa dingin, dan sebagian lainnya melihat ketika bayi memiliki kuku panjang dan tajam yang secara tidak sengaja menggores kulit. 

Ayah dan Bunda seringkali memilih solusi dengan memakaikan sarung tangan kepada si Kecil, supaya merasa hangat dan melindungi area kulit wajah dari goresan kuku. Lalu, apakah pemakaian sarung tangan pada bayi baru lahir sebuah keharusan? Akankah berbahaya jika tidak menggunakannya?

Ternyata, menurut American Academy of Pediatrics sarung tangan jarang dibutuhkan untuk bayi yang baru lahir. Tangan dan kaki kebiruan dan dingin merupakan kondisi yang normal pada bayi sehat, dan sensasi dingin di tingkat yang tinggi tidak mengganggu bayi sama sekali. 

Memotong kuku bayi
Memotong kuku bayi

AyBun dapat melakukan pemangkasan kuku secara rutin untuk menghindari goresan kuku pada kulit bayi.

Kemudian, pemakaian sarung tangan dapat mengurangi komunikasi AyBun dengan bayi, misalnya ketika bayi memasukkan tangannya ke dalam mulut yang artinya ia sedang memberikan tanda ingin menyusu atau lapar. Pemakaian sarung tangan dapat mengganggu pergerakan tangan bayi ke dalam mulut yang merupakan cara ia berkomunikasi dengan Bundanya.

Gangguan pergerakan tangan bayi juga dapat menghambat keterampilan motor dan sensori tangan, seperti saat bayi berusaha meraih dan menggenggam sebuah benda.

Dengan demikian memang sarung tangan digunakan pada bayi yang baru lahir tidak dilarang, namun setelah mengetahui informasi di atas sebaiknya AyBun tidak memakaian sarung tangan pada bayi setiap saat.

Bagikan Artikel
Apakah Anda menyukai artikel ini?
[wpreactions sgc_id="1"]
Aplikasi Tentang Anak
Aplikasi Parenting Terpercaya dan Terlengkap
Tentang Anak juga hadir dalam bentuk aplikasi. Yuk unduh sekarang juga!
App StoreGoogle Play Store
Tentang Anak
Hak Cipta © 2022 PT. Tentang Anak Bahagia
magnifiercrosschevron-down